Ternyata Tak Semua Ulat Menjadi Kupu-Kupu, Lihat Perubahan Ulat Ini Kamu Pasti Terkejut! Aku kira semua ulat itu berubah menjadi kepompong lalu kupu-kupu tapi ternyata tidak. Penemuan tak sengaja ini aku dapati di belakang rumah ditanaman pare yang belakangan ini diserang banyak ulat kecil berwarna kuning. Suatu pagi aku bermaksud kemali memfoto ulat itu karena sebelumnya hanya sempat memfoto dari samping, maka dari itu aku ingin memfoto bagaimana wajahnya. Aku juga penasaran nanti ketika ulat itu menjadi kepompong bentuknya seperti apa dan kupu-kupunya seperti apa?

Tapi sayang ketika aku kembali melihat ternyata ulat-ulat itu sudah tidak ada lagi, yang ada hanyalah hewan kepik yang sebelumnya hanya satu, dua saja tapi menjadi banyak sekali.
A photo posted by mbak_widha (@widhawatitok) on


A photo posted by mbak_widha (@widhawatitok) on


Dan tak sengaja aku melihat ada kuning-kuning yang aneh, ternyata oh ternyata ulet yang aku cari berubah menjadi binantang yang kalo ditempatku disebut dengan nama kepik.


Inilah bekas ulat yang sudah menjadi kepik:



Sungguh aku gak menyangka dan baru tau loh, ternyata oh ternyata gak semua ulat itu menjadi kupu-kupu yang selama ini aku kenal berterbangan dengan sayapnya beraneka ragam warnanya.

Kurang lebih seperti inilah protret perubahannya.

Aku gak tau butuh berapa lama dia berubah, yang pasti hanya selang sehari aku kembali lagi tapi ulat-ulat itu sudah tiada dan yang ada adalah binatang yang bernama kepik.

Pesan yang tersirat adalah sungguh luar biasa ciptaan Tuhan, ini itu dengan begitu sempurnanya dan kadang tak terduga.

Udah gitu aja pret.....



Salam,
Asal Nyepret

G+

27 komentar:

  1. Wah..selama duapuluh delapan tahun saya baru tahu ternyata kepik dari ulat juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kita senasib, sama2 baru tau :)

      Hapus
  2. Thank's artikel yg baik untuk menambah pengetahuan,semoga banyak yg baca.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. sami...

      padahal jaman cilikan seneng dolanan kepik, yen reti kepik asale seko uler mungkin bien gilo :)

      Hapus
  4. ternyata begitu toh, baru tahu juga nih Gan...
    terima kasih infonya Gan...

    BalasHapus
  5. Aku juga baru tau, lucu ya

    BalasHapus
  6. seranngga sep itu banyaknya di pohon ketimun....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu ditemukan ditanaman pare, si pare kan temennya timun :)

      Hapus
  7. informasi yang sangat bagus, di sekolahan dulu kok gak ada informasi mengenai hal ini ya...

    BalasHapus
  8. [-( sungguh tak mengira...ternyata kepik dari ulat

    BalasHapus
  9. mohon maaf...
    kalau menurut saya itu bukan ulat....hewan itu serangga
    karena dilihat dari penampakannya hewat tersebut mempunyai kaki seperti serangga
    sedangkan ulat tidak berkaki
    terimakasih

    BalasHapus
  10. mohon maaf...
    kalau menurut saya itu bukan ulat....hewan itu serangga
    karena dilihat dari penampakannya hewat tersebut mempunyai kaki seperti serangga
    sedangkan ulat tidak berkaki
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ulat ada kakinya bos...
      yg ga ada kakinya itu ular... :)
      browsing aja coba gambar ulat,,,,

      Hapus
    2. ulat memang berkaki...sebenarnya gak perlu browsing karena di blog ini aku pernah posting beberapa foto jenis ulat, atau lihat di IG-ku @widhawatitok

      Hapus
  11. baru hari ini saya tau !! seumur hidup saya selalu mengira ulat akan menjadi kempompong ternyata akan menjadi binatang yang selalu saya mainkan sewaktu sehabis mandi dikali dulu saat saya masih kecil !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes ada temennya..dulu waktu kecil juga sempat main bersama kepik :)

      Hapus
  12. woalah betapa bodohnya aku baru tau soal ulat ini.. Jangan2 jerapah juga seperti ini ya mbak..?

    BalasHapus
  13. sekedar sharing, kalo menurut saya foto2 di atas emang bener kepik/kumbang (tepatnya kumbang dari family coccineliidae), ulat yang dilihat warna kuning berduri itu adalah fase larva dari kepik, trus yang dilihat seperti bungkus transparan itu adalah pembungkus pupa, yang kemudian muncul menjadi imago (kepik/kumbang)
    jadi metamorfosis kepik/kumbang memang sama dengan kupu2, yaitu: telur - larva (ulat) - pupa (kepompong) - imago (kumbang/kepik dewasa)
    semoga bermanfaat..terima kasih

    BalasHapus
  14. pasti dulu kuliahnya di jurusan biologi yaa? atau di kedokteran hewan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu kuliahnya jurusan mesin ketik alias administrasi jadi kagak tau hal beginian :)

      Hapus
  15. Itu jadinya kok seperti ladybug, ato jangan2 bner itu ladybug. Hihihj

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo soal nama atau istilah mungkin tergantung daerah masing2, kalo didesa namanya kepik, memang sejenis kumbang

      Hapus